Panduan Membeli Kamera DSLR untuk Pemula

Advertisement
advertisement
Kamera DSLR Digital Single Lens Reflect saat ini sagat diminati oleh penggemar fotografi, tidak lain karena kelebihannya dalam menghasilkan gambar yang berkualitas. Bagi anda yang tertarik membeli kamera DSLR ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, terutama jika ini kamera DSLR pertama anda, karena jenis kamera yang anda beli akan menentukan aksesoris yang bisa anda aplikasikan selanjutnya. Di canonkameradslrmurah kali ini, kami menuliskan artikel mengenai panduan membeli kamera DSLR.

Panduan Membeli Kamera DSLR

Kamera DSLR untuk pemula


Berikut beberapa tips untuk panduan membeli kamera DSLR.

Kebutuhan dan Budget

Sesuaikan kamera DSLR dengan kebutuhan anda, jika ada memakainya hanya untuk hoby maka pilihan kameranya akan berbeda dengan jika anda ingin menjadi fotografer profesional. Tidak perlu memaksakan diri mebeli kamera dengan fitur canggih karena belum tentu kita tidak membutuhkan fitur tersebut untuk keseharian. Untuk pemula disarankan untuk membeli kamera dengan budget tidak terlalu mahal,

Sensor

Perhatikan Ukuran sensor yang digunakan untuk merekam gambar,  meskipun terdapat banyak sekali variasi ukuran, secara umum ukuran sensor terbagi dalam 3 kategori, yaitu FullFrame, APS-C dan Four-Thirds. untuk lebih jelasnya anda bisa membaca Jenis Sensor kamera DSLR

Kamera DSLR untuk pemula

ISO

Fitur lainnya pada kamera DSLR yang mungkin perlu diperhatikan adalah pengaturan ISO untuk memotret di tempat gelap. ISO ini berkaitan dengan tingkat sensitifitas sensor pada kamera terhadap cahaya. Semakin besar nilai pada settingan di kamera maka semakin sensitif dan besar cahaya yang didapatkan.

Resolusi

Kembali ke kebutuhan anda, jika anda berencana ingin mencetak foto dalam ukuran besar, sebaiknya membeli kamera dengan resolusi besar sehingga hasil cetakan foto juga bisa maksimal sesuai yang diinginkan, contoh sederhana kamera dengan resolusi 8MP bisa menghasilkan gambar yang sempurna pada ukuran 10R, tapi jika hanya sekedar ingin foto-foto dan share ke dunia maya, kamera dengan megapixel besar tidak terlalu dibutuhkan.

Speed/Kecepatan 

Kamera DSLR untuk pemula memiliki kecepatan yang lebih baik daripada kamera saku mahal. Kecepatan diperlukan apabila kamera sering digunakan untuk mengambil gambar objek yang bergerak, seperti pertandingan sepakbola atau motor yang sedang melaju di jalan.

Ukuran dan Model

Kamera DSLR memang memiliki ukuran besar dan tidak seperti kamera digital biasa, namun ada beberapa jenis kamera DSLR yang cukup kompak untuk dibawa secara mobil, selain ukurannya, model juga perlu anda perhatikan, terutama handling kamera tersebut, nyaman atau tidak digenggaman tangan kita.


Kamera DSLR untuk pemula

Image Stabilization

Hal lain yang tidak kalah penting ketika memilih kamera DSLR adalah antishake systems. Karena gambar yang diambil pada pencahayaan kurang atau diambil dari jarak jauh akan rawan menjadi buram (blur) karena gerakan tangan atau kamera yang tidak disengaja. Image Stabilization ini dirancang untuk menghindari hal ini.

Demikian beberapa panduan membelikamera DSLR untuk pemula, semoga bisa membantu anda memilih kamera DSLR yang tepat.
Advertisement
advertisement
Panduan Membeli Kamera DSLR untuk Pemula | Unknown | 5

3 komentar:

  1. sip deh.. aq baru beli yg tuki pemula soalnya hehe canon 500 D

    BalasHapus
  2. Simpen dulu infonya. Sementara ini pakai kamera saku saja untuk nyalurin kesukaan. Semoga bisa beli satu ketika

    BalasHapus